Alat Kandang Kucing Otomatis Berbasis Mikrokontroler dengan Monitoring Telegram

Main Article Content

Muhammad Ridho Heranof
Dodon Yendri

Abstract

Pada penelitian ini alat kandang kucing otomatis bertujuan untuk memudahkan pemilik kucing yang dalam memelihara kucing dan memonitoring kucing apabila berada di dalam atau diluar kandang serta dapat memberi makan kepada kucing dengan jadwal yang sudah diatur dari aplikasi telegram. Pada penelitian ini digunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi kucing saat di depan kandang dengan jarak yang ditentukan dan module ESP 01 sebagai kalung yang dipakai oleh kucing untuk mendeteksi kucing yang dipelihara, sensor PIR untuk mendeteksi kucing sudah masuk atau keluar dari kandang. Di dalam kandang terdapat alat pakan kucing otomatis menggunakan motor servo untuk menjatuhkan pakan dan sensor load cell untuk menimbang pakan yang turun. Keluaran dari sistem dalam peneliatan ini adalah notifikasi telegram. Jika kalung kucing terdeteksi dan kucing berdiri di depan kandang dengan jarak dari 20cm hingga 50cm maka pintu kandang akan terbuka, dan kucing masuk akan dideteksi dengan sensor PIR. Dalam penelitian ini, pengujian pada saat kucing masuk kandang dengan jarak yang tidak sesuai dan kucing yang tidak menggunakan kalung module ESP 01 untuk mengecek pintu tetap terbuka atau tidak dan alat pakan kucing dengan pengujian waktu respon dari telegram serta banyak pakan yang turun sesuai dengan inputan yang diberikan dari telegram. Dapat disimpulkan bahwa alat bekerja dengan tingkat error yang berbeda-beda pada setiap komponen.

Article Details

How to Cite
[1]
HeranofM. R. and YendriD., “Alat Kandang Kucing Otomatis Berbasis Mikrokontroler dengan Monitoring Telegram”, chipset, vol. 4, no. 01, pp. 71-79, Apr. 2023.
Section
Articles

References

[1] Febriansyah, Aan. 2019. “Rancang Bangun Kandang Pintar untuk Hewan Peliharaan (Kucing)”. Bangka Belitung: Politeknik Manufatktur Negeri Bangka Belitung.
[2] Bahar, Alfi.2015.”Sistem Pemberian Pakan Pakan Pada Kandang Kucing Via SmS”. Semarang:Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[3] Friends. 2021.”10 Rekomendasi Kandang Kucing Nyaman dan Aman”. https://blibli.com/friends/blog/kandang-kucing-05/ diakses pada 2 September 2021
[4] Purnamasari, Siti Aisyah. 2019.”Rancang Bangun Alat Pemberi Makan Kucing Berbasis Arduino Dan Aplikasi BLYNK”. Bangka Belitung:Universitas Bangka Belitung.
[5] Arief, Muhammad Marcelo.2020. “Sistem Pemberian Pakan Kucing Otomatis Menggunakan Pendeteksian Frekuensi Suara Dan Aplikasi Pengirim Pesan Instan Dengan Iot Internet Of Things”. Padang: Universitas Andalas.
[6] Febriansyah, Aan. 2019. “Rancang Bangun Kandang Pintar untuk Hewan Peliharaan (Kucing)”. Bangka Belitung: Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.
[7] Wiguna, Bagus Jati. 2021.”Rancang Bangun Kontrol Kandang Kucing Berbasis IOT dan Telegram”. Surabaya:Universitas 17 Agustus 1945.
[8] Suwed, Muhammad A. dan Desi Saraswati. 2004. “Merawat Kucing Persia”. Penebar Swadaya: Jakarta.
[9] Ngitung Rosdiana.2021. “Karakteristik Perilaku Kucing Domestik. Jurnal Sainsmat”. Makassar: Universitas Negeri Makassar
[10] Anonim. 2019. “8 Jenis Kandang Kucing yang Baik dan Cara Memilihnya”. Dalam https://rahasiabelajar.com/jenis-dan- cara-memilih-kandang-
[11] Weku, Hendra S. 2015. “Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroller”. Manado:Universitas Sam Ratulangi. Vol. 5 no. 7
[12] Maulana, L., & Yendri, D. (2018, September 29). Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi dan Berat Badan Ideal Berdasarkan Metode Brocha Berbasis Mikrokontroler. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 2(02), 76- 84.
[13] Muhammad Juhan Dwi Suryanto; Tri Rijanto. 2019. “Rancang Bangun Alat Pencatat Biaya Pemakaian Energi Listrik pada Kamar Kos Menggunakan Modul Global Sistem For Mobile Communications (GSM) 800L Berbasis Arduino Un”. Jurusan Teknik Elektro. 8(1): 47–55.
[14] Rajes Khana, Uus Usnul. 2018.”Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Berbasis Internet Of Things Dengan Platform Android”. Journal Kajian Teknik Elektro. 3(1): 1-78.
[15] Zikra Adib Hawari. 2020. “Sistem Pemberi Pakan Kucing Berbasis Internet Of Things”. Padang: Universitas Andalas.
[16] Erlina, T. (2017, March 13). Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban dan Gas Amonia pada Kandang Sapi Perah Berbasis Teknologi Internet of Things (IOT). JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 1(01), 1-7.
[17] Syamsuddin, et. al. 2022. “Analisis Kinerja Komunikasi Modul Transciver Esp32 Pada Frekuensi 2,4 Ghz Yang Akan Di Terapkan Pada Jaringan Iot”. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
[18] Prowijaya, Andrew. 2020.”Perancangan Chatbot Sebagai Pusat Informasi Dengan Menggunakan Natural Language Processing ( Studi Kasus : Customer Service Kopi Tiam Kita )”. Jambi: STIKOM DInamika Bangsa Jambi.
[19] Yendri D, Adrizal, Derisma. 2020. “Design of Cow Cattle Weighing System Technology and Automatic Giving Feed”. Padang: Universitas Andalas.