Rancang Bangun Sistem Penyewaan Lapangan Futsal Menggunakan Near Field Communication (NFC)

Main Article Content

Derisma
Riyadh Muhammad

Abstract

Cara menyewa lapangan futsal dilakukan dengan penyewa datang ke lapangan untuk menyewa lapangan tidak efektif, karena penyewa tidak tahu apakah jadwal yang ingin mereka sewa tersedia atau tidak. Oleh karena itu, dikembangkan aplikasi penyewaan berbasis web dan NFC. Ada tiga peran hak akses untuk masuk ke situs web, yaitu admin, penyewa dan pemain. Peran admin berfungsi untuk memantau penyewaan lapangan dan menambahkan penyewa baru ke dalam basis data. Peran penyewa dapat masuk ke website setelah mendaftar kepada admin dan mendapatkan kartu NFC sebagai identifikasi. Pemain bertujuan untuk menambah biaya sewa pada penyewaan lapangan. Peran pemain dapat mendaftar langsung di situs web. Proses sewa dilakukan oleh peran penyewa, maka peran pemain dapat menambahkan biaya sewa untuk membayar sewa lapangan sebagai syarat check-in ke lapangan. Penyewa dan pemain datang ke lapangan yang telah disewa sesuai jadwal. Penyewa melakukan check-in lapangan dengan kartu NFC dan palang pintu terbuka. Setelah sesi sewa selesai, penyewa check-out dari lapangan.Setelah dilakukan pengujian dan analisa terhadap rancang bangun sistem penyewaan lapangan futsal menggunakan NFC (near field communication) didapat 5.Kualitas aplikasi sistem penyeywaan lapangan futsam berbasis website sesuai ISO 9126 dari aspek functionality baik karena fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi dengan baik tanpa ditemui error. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan konsep MVC(Model View Controller) sehingga perbaikan dan pengembangan (maintainability) menjadi mudah. Kualitas aplikasi dari aspek portability sudah baik karena aplikasi dapat berjalan pada browser yang berbeda tanpa ditemui error baik dari sistem ataupun tampilan.

Article Details

How to Cite
[1]
Derisma and Riyadh Muhammad, “Rancang Bangun Sistem Penyewaan Lapangan Futsal Menggunakan Near Field Communication (NFC)”, chipset, vol. 1, no. 01, pp. 23-31, Apr. 2020.
Section
Articles

References

[1]Jasman, Asep dan Picho. 2014. Implementasi NFC Pada Aplikasi Layanan Informasi Benda Museum Berbasis Web
[2]Maimunah, Hariansyah dan Galu. 2017.Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web.
[3]Chakti Koswara, Derry. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web.
[4]Nofita, Rismawati. 2018. Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communication(NFC) Technology(Diakses pada tanggal 15 juli 2018 pukul 20:47).
[5]Chandra, Sadewa, Nurochmah Tri Yanti, 2014. Pengenalan Near Field Communication(NFC). Surya Universitas.
[6]Santoso, Hari. 2015. Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula. Trenggalek.
[7]USAID-SMART Lab Program. 2015. Arduino Advance, Modul Training Arduino Sampoerna University. Jakarta(diakses ada 19 Juli 2018, pukul 14:34 WIB).
[8]Igoe, Tom. 2011. Making Things Talk.2nd Edition, O’reilly
[9]McCool, S. 2012. Laravel Starter. Birmingham UK, Packt Publishing
[10]Haris Saputro. 2012. Modul Pembelajaran Praktek Basis Data(MySQL).(diakses pada 16 Mei 2018)
[11]Rustamaji, Tras. 2014. DC motor Stepper Motor dan Servo, http://www.rustamaji.net/id/arduino/dc-motor-stepper-motor-dan-servo.(diakses pada 11 April 2017 jam 11.05 WIB)